sasmita mita

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya

TUPAIKU

JUDUL : TUPAIKU

PENULIS : SASMITA,SH

ALUMNI SAGUSABU GTKPAUD DAN DIKMAS PONTIANAK 2018

Buku ini layak dipergunakan untuk memotivasi para pengelola Taman Bacaan masyarakat guna membangun masyarakat gemar membaca.

SINOPSIS :

Membaca merupakan salah satu cara untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai bidang, untuk memperbaiki mutu hidup sesuai dengan kemampuan intelektual dan spiritual yang dimiliki. Sesuai UU Nomor 20 Tahun 2003 Tetang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 4 ayat 5 dikatakan bahwa “Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap masyarakat”. Dilanjutkan dengan UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada pasal 48 ayat 49 “Pemerintah, Pemerintah daerah, dan masyarakat mendorong tumbuhnya taman bacaan masyarakat dan rumah baca untuk menunjang pembudayaan kegemaran membaca”. Dilanjutkan oleh Implementasi Renstra Kemdiknas tahun 2010-2014 adanya penyediaan TBM di tempat-tempat umum atau ruang publik yang dapat dengan mudah dikunjungi dan dijangkau oleh masyarakat luas.

TUPAIKU merupakan salah satu strategi inovasi yang pengelola rancang sendiri yang dapat digunakan dalam pengembangan TBM sesuai dengan program tahunan TBM Sumber Ilmu dalam mengatasi kekurangan buku tampa harus membeli. TUPAIKU singkatan dari TUKAR PAKAI BUKU. Pada strartegi ini pengelola dapat memberikan pelayanan buku sesuai dengan kebutuhan pembaca tampa harus membeli.Tukar Pakai Buku di Ilhami juga oleh sifat gotong- royong masyarakat Minangkabau sejak dahulu kala untuk tolong menolong - berat sama dipikul ringan sama dijinjing- , seperti meminjamkan uang atau emas yang ada kepada teman atau tetangga yang membutuhkan dengan jaminan tanah atau sawah yang dimilikinya.Walaupun cara TUPAIKU tidak persis sama. Adapun langkah yang pengelola lakukan adalah sosialisasi tentang buku, jenis buku dan mamfaat buku. Dari sosialisasi, pengelola langsung mengumpulkan data buku yang dibutuhkan pembaca dan membagikan instrumen untuk mandapatkan data kebutuhan baca dan memcari informasi pendonor buku yang bisa meminjamkam buku.Pengelola memjemput buku yang bisa dipinjamkan, membuat rak khusus untuk buku Tupaiku, melebel dan meminjamkan pada orang lain. Sehingga kebutuhan masyarakat untuk membaca di TBM terlayani.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali